Beranda » penjualan & Pemasaran » 10 Metrik & KPI E-niaga yang Harus Anda Ukur di 2023

10 Metrik & KPI E-niaga yang Harus Anda Ukur di 2023

metrik e-niaga

Merupakan mitos umum bahwa hanya melacak metrik e-niaga sudah cukup untuk mencapai kesuksesan e-niaga.

Pada kenyataannya, sangat penting untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang wawasan yang diperoleh dari metrik ini. Memahami metrik e-niaga memungkinkan Anda mengevaluasi kinerja bisnis online Anda secara akurat. 

Dengan menganalisis data di balik metrik tertentu, Anda dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan area untuk peningkatan. Hanya dengan begitu Anda akan dapat membuat keputusan bisnis berdasarkan informasi yang mendorong pertumbuhan

Untuk membantu Anda menjelajahi ranah kompleks metrik dan KPI e-niaga, kami telah menyusun daftar 10 metrik utama yang harus Anda ukur.

Kami juga akan mempelajari realitas setiap metrik, membantu Anda memahami kepentingannya dan menggunakannya sebagai landasan untuk rencana tindakan strategis.

Jadi, mari selami.

Daftar Isi
Apa itu metrik & KPI e-niaga?
Bagaimana cara memutuskan metrik atau KPI mana yang akan digunakan?
Seberapa sering Anda harus merencanakan dan memeriksa metrik e-niaga?
Metrik e-niaga teratas untuk dilacak
Membungkus

Apa itu metrik & KPI e-niaga?

Metrik dan KPI memainkan peran penting dalam segala hal pemasaran e-niaga Strategi. 

Metrik e-niaga menentukan kinerja situs web Anda, dan dengan menganalisisnya, Anda dapat memahami ruang lingkup peningkatan untuk bisnis Anda.

Beberapa pemasar menggunakan istilah metrik e-niaga dan KPI secara bergantian, tetapi keduanya tidak persis sama. 

Mari kita lihat contoh untuk memahami perbedaan antara kedua konsep ini.

Nilai pesanan rata-rata toko Anda adalah metrik, tetapi nilai pesanan rata-rata $30 adalah KPI.

Dalam bahasa Inggris yang sederhana, metrik melacak kemajuan bisnis Anda, dan KPI menunjukkan seberapa efektif Anda dalam mencapai sasaran. KPI berorientasi pada tujuan, dan mereka menggunakan metrik untuk mengukur seberapa dekat atau jauh Anda dari mencapai tujuan tersebut.

Ini berarti: Semua KPI adalah metrik, tetapi tidak semua metrik adalah KPI.

Gambar di bawah merangkum perbedaan antara metrik dan KPI.

Metrik vs KPI
Gambar melalui Konsultasi

Bagaimana cara memutuskan metrik atau KPI mana yang akan digunakan?

Ajukan 3 pertanyaan ini untuk memutuskan

  1. Seberapa signifikan perubahan metrik pada bisnis saya? Semakin signifikan perubahan (positif), semakin baik.
  2. Apakah pengoptimalan metrik akan berdampak signifikan pada pendapatan bisnis saya? Dalam e-niaga, tujuan utamanya adalah meningkatkan pendapatan, jadi lacak metrik situs web yang membantu Anda melakukannya.
  3. Akankah mengerjakan metrik ini membantu saya meningkatkan orang lain juga? Seringkali, metrik saling berhubungan, dan mengutak-atik salah satunya dapat meningkatkan yang lain. Misalnya, saat Anda menyempurnakan kualitas lalu lintas, konversi Anda mungkin meningkat.

Manfaatkan pendekatan SMART untuk memilih metrik & KPI e-niaga

Salah satu cara lain untuk menangani pemilihan metrik adalah dengan memanfaatkan pendekatan SMART.

Apa itu metrik SMART

SMART adalah singkatan dari:

  • Sspesifik: Melacak KPI yang sangat spesifik; jika Anda memiliki lalu lintas yang berasal dari berbagai sumber, lacak setiap sumber lalu lintas satu per satu.
  • Mterukur: Memastikan bahwa setiap metrik yang Anda lacak dapat diukur, karena analisis e-niaga tidak bisa mengerjakan prediksi atau tebakan.
  • Actionable: Melacak metrik yang memungkinkan Anda mengubah dan meningkatkan toko e-niaga Anda dengan melakukan tindakan tertentu. 
  • Rrelevan: Memastikan bahwa data yang Anda kumpulkan sangat relevan dengan metrik yang Anda lacak.
  • Time-Sensitive: Melakukan penyesuaian yang tepat pada waktu yang tepat untuk dampak yang optimal.

Pro tip: Buat daftar semua KPI dengan mengajukan tiga pertanyaan yang disebutkan sebelumnya, lalu gunakan pendekatan SMART sebagai filter untuk lebih memilih KPI dan metrik terbaik yang Anda bisa mengukur.

Seberapa sering Anda harus merencanakan dan memeriksa metrik e-niaga?

Setiap metrik e-niaga membutuhkan frekuensi pelacakan yang berbeda. Beberapa metrik perlu dilacak setiap minggu, sementara beberapa metrik boleh dilacak setiap tiga bulan.

Berikut adalah empat kerangka waktu yang dapat dilacak metrik e-niaga:

  • Mingguan: Ini adalah metrik yang memastikan bisnis Anda berjalan dengan baik, seperti lalu lintas situs web, keterlibatan media sosial, pembelian terkait penawaran promosi waktu terbatas, dll.
  • Dua minggu sekali: Jika Anda memiliki metrik dengan ukuran sampel yang besar, periksa metrik tersebut dua kali sebulan, seperti nilai pesanan rata-rata (AOV) atau biaya per akuisisi (BPA).
  • Bulanan: Metrik yang dilacak setiap bulan memiliki semacam pola lalu lintas, atau merupakan corong yang Anda buat. Ini dapat mencakup tarif buka email Anda, pengabaian keranjang belanja, dan berbagai otomatisasi.
  • Triwulanan: Metrik ini seperti tolok ukur untuk bisnis Anda dan mencapai KPI ini berarti Anda berada di jalan menuju kesuksesan. Metrik ini dapat mencakup nilai seumur hidup pelanggan dan tarif langganan.

Metrik e-niaga teratas untuk dilacak

Metrik e-niaga terkait pemasaran email

Apa pun ceruk toko e-niaga Anda, Anda akan menggunakan pemasaran email dengan satu atau lain cara. Ini bisa untuk promosi, layanan pelanggan, atau penargetan ulang. 

Melacak bagaimana Anda kampanye pemasaran email melakukan adalah hal pertama yang harus dilakukan. 

Mari kita lihat metrik utama apa yang dapat Anda lacak saat melakukannya email marketing

Tarif klik untuk membuka

Rasio klik untuk membuka adalah cara terbaik untuk mengukur keberhasilan kampanye email Anda. 

Anda dapat melakukannya dengan rumus ini:

Klik email untuk membuka rumus tarif

Dengan mengukur rasio klik untuk membuka, Anda dapat mengetahui apakah email Anda memiliki:

  • konten yang menarik
  • CTA yang efektif 
  • kemudahan interaksi

Catatan: Untuk setiap kampanye email yang Anda jalankan, pastikan rasio klik untuk membuka Anda tidak kurang dari 10%.

Tingkat konversi email

Untuk bisnis e-niaga apa pun, tujuan utamanya adalah melakukan penjualan. Melacak email konversi email Anda adalah metrik e-niaga yang paling penting.

Tingkat konversi dapat dihitung sebagai:

Rumus perhitungan tingkat konversi email

Anda selanjutnya dapat mengalikan hasilnya dengan 100 untuk mendapatkan nilai persentase.

Inilah tingkat konversi yang dapat Anda harapkan dari kampanye email Anda.

Rasio konversi email rata-rata berdasarkan wilayah
sumber

Tarif berhenti berlangganan

Ketika Anda memiliki banyak pelanggan, tingkat berhenti berlangganan menjadi penting. Mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membuat mereka setia pada merek Anda akan meningkatkan penjualan.

Pikirkan mengapa orang berhenti berlangganan buletin email Anda. Apakah karena Anda mengirim terlalu banyak email? Atau hanya karena pengalaman pengguna yang buruk?

Apa pun alasannya, coba turunkan tingkat berhenti berlangganan dengan setiap kampanye yang Anda jalankan.

Dalam e-niaga, Anda dapat mengharapkan tingkat berhenti berlangganan sekitar 0.3% saat melakukan pemasaran email.

Untuk melacak semua KPI pemasaran email penting, Anda dapat memanfaatkannya Omnisend

Omnisend menawarkan otomatisasi email fitur di mana Anda dapat menjalankan kampanye dan melacak metrik dan KPI penting secara bersamaan.

Fitur analitik dan pelaporan Omnisend

Omnisend memberikan analitik terperinci tentang kinerja kampanye email Anda, memungkinkan Anda melacak metrik seperti tarif terbuka, rasio klik-tayang, rasio pentalan, dan rasio konversi. 

Metrik ini menawarkan wawasan berharga tentang keefektifan kampanye Anda. Mereka memungkinkan Anda mengidentifikasi area untuk peningkatan dan membuat keputusan berdasarkan data untuk mengoptimalkan kampanye di masa mendatang.

Metrik & KPI kinerja e-niaga yang harus Anda lacak

Apa pun sumber lalu lintas Anda, metrik pelacakan yang memberi tahu Anda tentang kinerja toko Anda dan mengoptimalkannya harus menjadi tujuan akhir Anda. 

Mari kita lihat metrik utama dan KPI yang tidak dapat Anda abaikan.

1. Biaya Per Akuisisi (BPA)

Biaya per akuisisi adalah total biaya yang Anda keluarkan untuk memperoleh pelanggan baru. 

Ini dapat dihitung dengan rumus sederhana:

Rumus perhitungan biaya per akuisisi

Berikut adalah contoh cara menghitung CPA:

Pada bulan November, Jack menginvestasikan $10,000 untuk pemasaran toko sepatu daringnya. Dia mampu memperoleh 500 pelanggan baru.

CPA Jack akan menjadi $10000/500 = $20. 

Ini berarti Jack menghabiskan 20 dolar untuk mendapatkan satu pelanggan di bulan November.

Catatan: Untuk mempunyai sebuah toko e-niaga yang menguntungkan, nilai pesanan rata-rata harus selalu lebih besar daripada biaya per akuisisi. Secara sederhana, kamu tidak harus membayar lebih untuk mendapatkan pelanggan dari apa yang mereka belanjakan di toko Anda.

2. Tingkat pengabaian keranjang

 pengabaian gerobak rate adalah persentase orang yang telah mengunjungi toko Anda, menambahkan produk ke keranjang belanja mereka, tetapi karena alasan tertentu tidak membelinya.

By menargetkan ulang pengabai keranjang ini, Anda dapat meningkatkan rasio konversi karena audiens ini telah menunjukkan minat khusus pada produk Anda.

Menurut laporan oleh Hasil Dinamis, rata-rata tingkat pengabaian keranjang belanja adalah 70.56% per Mei 2023. Artinya, hampir tiga perempat lalu lintas yang mengunjungi toko Anda akan meninggalkan keranjang mereka.

Jadi awasi tingkat pengabaian dan mengubah pengabai menjadi pembeli adalah apa yang ingin Anda lakukan. Ini mungkin terdengar rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah: gunakan platform otomasi pemasaran seperti Omnisend untuk secara otomatis mengirim satu atau serangkaian email pengabaian keranjang untuk menangkap pembeli tersebut segera setelah mereka meninggalkan keranjang mereka.

Berikut rumus untuk menghitung tingkat pengabaian keranjang:

Rumus perhitungan pengabaian keranjang

3. Nilai pesanan rata-rata (AOV)

AOV adalah jumlah rata-rata uang yang dihabiskan setiap kali pelanggan memesan sesuatu dari toko Anda. Ini bisa untuk satu produk atau beberapa produk yang dibeli bersamaan dalam satu pesanan.

Rumus untuk AOV cukup mudah:

Rumus nilai pesanan rata-rata (AOV).

Melacak AOV sebagai metrik e-niaga membantu Anda menetapkan tolok ukur dan sasaran untuk masa depan. 

Beberapa pemasar menganggap AOV sebagai salah satu metrik e-niaga utama. Mengapa? 

Meningkatkan lalu lintas toko atau mengoptimalkan toko Anda untuk konversi akan dikenakan biaya, tetapi Anda dapat meningkatkan AOV tanpa mengeluarkan uang sepeser pun dengan membuat pembeli membeli lebih banyak produk di setiap pesanan.

Begini caranya:

  • Upsell dan cross-sell produk sedapat mungkin
  • Beri pelanggan beberapa diskon pembelian seperti 'beli 3 dan dapatkan diskon 30%'
  • Menawarkan pengiriman gratis

4. Tingkat retensi pelanggan (CRR) 

Ketika datang ke e-commerce, itu retensi pelanggan tarif mewakili jumlah pelanggan yang membeli dari Anda berulang kali selama jangka waktu tertentu.

Untuk menghitung CRR, Anda harus memiliki tiga nilai:

  1. Jumlah pelanggan yang ada pada awal periode waktu (S)
  2. Jumlah total pelanggan pada akhir periode waktu (E)
  3. Jumlah pelanggan baru yang ditambahkan dalam periode waktu (N)

Ketika Anda memiliki ketiga nilai tersebut, masukkan saja ke dalam rumus di bawah ini:

Rumus tingkat retensi pelanggan (CRR).

Tahukah Anda: Menurut AnswerIQ, CRR rata-rata adalah 31% untuk industri ecommerce. Jadi cobalah menjaga CRR toko Anda di bawah itu.

5. Nilai seumur hidup pelanggan (CLV)

CLV mewakili jumlah total uang yang diperkirakan akan dibelanjakan pembelanja untuk produk atau layanan toko Anda seumur hidup mereka sebagai pelanggan Anda. 

Mengetahui CLV sangat penting karena membantu Anda memutuskan tentang investasi Anda untuk pengoptimalan CPA dan CRR.

CLV dihitung berdasarkan tiga nilai:

CLV = Nilai pesanan rata-rata X Jumlah kali pelanggan akan membeli dari Anda setiap tahun X Rata-rata lama hubungan pelanggan (dalam tahun)

Jadi misalkan seorang pemain bisbol membeli tongkat senilai $200 dari toko Anda tiga kali setahun. 

Dia melakukan hal yang sama selama lima tahun. Oleh karena itu CLV-nya adalah:

CLV = $200 X 3 X 5 = $3000

6. Tingkat churn e-niaga

 tingkat churn e-niaga adalah perhitungan persentase pelanggan yang hilang dari suatu bisnis dalam jangka waktu tertentu. Rumusnya adalah:

Rumus tingkat churn e-niaga

Jika Anda memiliki 200 penjualan pada awal November dan turun menjadi 180 pada akhir bulan, tingkat churn e-niaga adalah:

[(200-180)/200]X100 = 10%

7. Skor promotor bersih (NPS)

Skor promotor bersih adalah metrik e-niaga yang memberi tahu Anda berapa banyak pelanggan yang bersedia merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. 

Melacak ini akan memberi Anda pemahaman yang jelas tentang di mana bisnis Anda berada kepuasan pelanggan dan loyalitas merek.

Untuk menghitung NPS, Anda perlu memahami apa itu promotor dan pencela.

Anda promotor adalah pelanggan setia Anda yang merekomendasikan produk Anda kepada teman dan keluarganya, sedangkan pencela adalah pelanggan yang tidak senang yang tidak akan merekomendasikan Anda kepada siapa pun.

NPS = %Promotor – %Pencela

8. Tingkat konversi penjualan

Tingkat konversi penjualan adalah metrik e-niaga utama yang mengukur persentase pengunjung situs web yang melakukan pembelian. 

Ini membantu Anda mengevaluasi keefektifan strategi penjualan online Anda dan keseluruhan kinerja situs web Anda.

Tingkat konversi penjualan yang tinggi menunjukkan bahwa proporsi pengunjung yang lebih tinggi berubah menjadi pelanggan. Ini berarti peningkatan pendapatan dan kesuksesan bisnis. 

Di sisi lain, tingkat konversi penjualan yang rendah menunjukkan bahwa mungkin ada masalah yang memerlukan perhatian. Beberapa kemungkinan masalah di balik tingkat konversi penjualan yang rendah adalah: 

  • Desain situs web yang buruk
  • Proses checkout yang sulit
  • Produk dengan harga tinggi
  • Layanan pelanggan buruk
  • Pemasaran yang tidak efektif

Rumus untuk menghitung tingkat konversi penjualan e-niaga adalah sebagai berikut:

Tingkat Konversi = (Jumlah Konversi / Jumlah Pengunjung Situs Web) * 100

Jika tingkat konversi penjualan Anda rendah, sebaiknya lihat keseluruhan Anda corong penjualan e-niaga. Tahapan umum dalam corong penjualan adalah Kesadaran, Minat, Keputusan, Tindakan, dan Retensi.

Jika Anda memiliki lalu lintas web yang rendah, masalahnya mungkin terletak pada tahap kesadaran, yang menunjukkan perlunya meningkatkan upaya pemasaran untuk mendorong lebih banyak pengunjung ke situs web Anda. 

Jika pengunjung Anda meninggalkan gerobak mereka, masalahnya mungkin terletak pada tahap pengambilan keputusan. Bisa jadi karena biaya pengiriman yang tidak terduga, proses pembayaran yang rumit, atau kekhawatiran tentang keamanan pembayaran. Menawarkan pengiriman gratis atau menyederhanakan proses pembayaran dapat membantu meningkatkan konversi.

Idealnya, tingkat konversi penjualan Anda harus tetap stabil atau meningkat seiring waktu. Jika bukan itu masalahnya, selidiki secara menyeluruh untuk memastikan situs web Anda berfungsi dengan baik.

9. Sesi toko e-niaga menurut sumber lalu lintas

Melacak dan menganalisis sesi toko e-niaga menurut sumber lalu lintas sangat penting untuk melihat dari mana orang-orang membuka situs Anda. Ini juga membantu dalam mengevaluasi keefektifan upaya pemasaran Anda. 

Ini melibatkan pemantauan dan pengkategorian lalu lintas masuk berdasarkan saluran pengguna mencapai toko Anda.

Ini mungkin termasuk:

  • Pencarian organik: Pengunjung yang membuka situs web Anda setelah mengeklik situs web Anda di hasil penelusuran.
  • Iklan berbayar: Pengunjung menemukan situs web Anda melalui iklan berbayar.
  • media sosial: Platform media sosial mengarahkan pengunjung ini ke situs web Anda.
  • Email pemasaran: Pengunjung ini mungkin telah menerima buletin email yang mengarahkan mereka ke situs web Anda.
  • Lalu lintas langsung: Pengunjung yang langsung mengetikkan situs web Anda ke bilah URL mereka.

Dengan mengidentifikasi sumber lalu lintas, Anda dapat menentukan saluran pemasaran mana yang menghasilkan pengunjung terbanyak. Anda dapat mengalokasikan anggaran pemasaran dan sumber daya secara lebih efisien ke saluran yang mendatangkan pengunjung terbanyak.

Membungkus

Metrik e-niaga dan KPI bukan sekadar angka di spreadsheet. Mereka memberikan wawasan berharga tentang kinerja bisnis e-niaga Anda, dan berfungsi sebagai kompas yang memandu keputusan strategis Anda.

Mulailah dengan mengidentifikasi tujuan dan sasaran utama untuk bisnis e-niaga Anda. Sasaran yang jelas akan membantu Anda menentukan metrik mana yang menjadi fokus dan bagaimana mengukurnya secara efektif.

Pilih metrik yang memberikan wawasan bermakna tentang kinerja bisnis Anda.

Terakhir, investasikan alat pemasaran email canggih yang membantu Anda mengumpulkan data dan melacak metrik Anda. Omnisend adalah alat canggih yang dirancang untuk membantu bisnis e-niaga berkembang. Dengan fitur-fiturnya yang lengkap dan antarmuka yang ramah pengguna, Omnisend dapat memberikan wawasan berharga dan membantu menerapkan strategi pemasaran yang efektif.

Jadi, lanjutkan dan pilih metrik e-niaga yang paling sesuai dan tingkatkan strategi pemasaran Anda.

Sumber dari Omnisend

Penafian: Informasi yang disebutkan di atas disediakan oleh Omnisend secara independen dari Chovm.com. Chovm.com tidak memberikan pernyataan dan jaminan mengenai kualitas dan keandalan penjual dan produk.

Apakah artikel ini berguna?

Tentang Penulis

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *

Gulir ke Atas